SOSIALISASI PENYUSUNAN BASELINE DIPA 01 TA 2025
Kasubbag Perencanaan, IT dan Pelaporan (PTIP) PA Kota Kediri menghadiri acara Sosialisasi dan Langkah-langkah Penyusunan Baseline TA 2025 (Rabu, 15/11/2023). Acara dilaksanakan secara daring dengan dihadiri oleh seluruh sekretaris dan kasubbag PTIP di pengadilan tingkat banding maupun tingkat pertama. Acara dibagi dua sesi yaitu sesi sambutan sekaligus pembukaan oleh Kepala Biro Perencanaan, Bapak Sahwan dan sesi diskusi tanya jawab terkait permasalahan pengusulan baseline.
Bapak Sahwan menyampaikan bahwa baseline digunakan untuk menentukan kebutuhan anggaran satker, sehingga sebelum mengajukan kebutuhan anggaran agar seluruh kebutuhan diinventarisir dengan melibatkan para pimpinan. Tahun 2024 ada banyak usulan kebutuhan belanja modal yang tidak dapat terpenuhi anggarannya, dikarenakan pemerintah fokus kepada pembangunan IKN. Usulan yang belum terpenuhi agar diusulkan lagi pada TA 2025. Untuk tahun 2025 semua usulan baseline berbasis aplikasi menggunakan aplikasi e-iplans, sehingga satker tidak perlu mengirimkan hardcopy ke Mahkamah Agung.. “Harapan kami seluruh satker, kurang lebih ada 924 satker khususnya, sudah merekam seluruh usulan kebutuhan secara satu pintu melalui aplikasi e-iplans”, imbuh bapak.
Hari ini agenda sosialisasi baseline hanya dua sesi. Pada sesi kedua dilakukan diskusi yang terkait permasalahan pengusulan baseline, jika ada permasalahan teknis terkait aplikasi e-iplans, agar disampaikan pada sesi sosialisasi yang akan dibuka pada tanggal 16 dan 20 November 2023. Cukup banyak satker yang mengajukan pertanyaan dengan antusias kepada bapak Karo Perencanaan dan Organisasi. Sesi diskusi pun ditutup pada pukul 15.00.