Header web pa kediri

 

 

on . Hits: 156

WhatsApp Image 2023 12 13 at 14.31.41 9144e46d

1


Kediri, 13 Desember 2023 - Hakim Pengadilan Agama Kota Kediri mengikuti webinar edukasi pasar modal dan tindak pidana pasar modal yang diselenggarakan oleh Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) secara daring. Webinar ini digelar pada Rabu (13/12/2023) dan diikuti oleh Wakil Pengadilan Agama Kota Kediri, Dr.Hermin Sriwulan, S.H.I., S.H., M.H.I. Susunan acara tersebut terbagi kedalam beberapa bagian yakni pembukaan, sesi inti, penandatanganan MoU dan penutup.

2


Pembukaan diawali oleh opening speech oleh Samsul Hidayat selaku Direktur Utama PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (PT. KSEI) dan Antonius Hari PM yakni Kepala Departemen Pengaturan dan Pengembangan Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan. Inti dari opening speech pada webinar ini adalah mendorong PT KSEI dan semua jasa keuangan untuk berkomunikasi dan berdiskusi dengan para hakim agar permasalahan pasar modal tertangani dengan baik. Acara berlanjut dengan keynote speech yang disampaikan oleh Dr. H. Yasardin, S.H., M.H. selaku Ketua Umum Ikatan Hakim Indonesia, merujuk kepada adanya 13 kasus yang terdiri dari 7 kasus tindak pidana dan 6 kasus pelanggaran administrasi pda tahun 2023.

Acara selanjutnya yaitu penandatanganan MoU Kegiatan Edukasi Pasar Modal IKAHI dan TICMI. MoU tersebut menjadi bagian dari webinar yang dirangkai sebagai pelatihan“Tindak Pidana Pasar Modal” yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Ikatan Hakim Indonesia (PP IKAHI) bekerjasama dengan The Indonesia Capital Market Institut (TICMI). Disusul kemudian acara sesi inti yang terbagi kedalam 3 sesi materi dan disampaikan oleh para pakar yang membidanginya.

3


Sesi 1 mengenai Skema dan Jenis Fraud ( penyajian laporan keuangan palsu secara sengaja dengan menghilangkan atau menambahkan jumlah tertentu untuk menipu pemilik hak dari laporan keuangan tersebut ) di Pasar Modal, yang disampaikan secara kompak oleh Yulianto Aji Sadono selaku Kepala Divisi Pengawasan Transaksi PT Bursa Efek Indonesia dan M.Zidni Ilman Solihin selaku Kepala Unit Bantuan Hukum PT Kustodian Sentral Efek Indonesia. Sesi 2 membahas mengenai Penyidikan Terhadap Tindak Pidana Sektor Jasa Keuangan Oleh Otoritas Jasa Keuangan yang disampaikan langsung oleh Direktur Pemeriksaan Khusus Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan yaitu I Made Bagus Tirthayatra. Sesi inti terakhir disampaikan oleh Prof. Dr. Surya Jaya, S.H., M.Hum, Hakim Agung Kamar Pidana Mahkamah Agung Republik Indonesia yang membahas mengenai Sistem Pemidanaan terhadap Tindak Pidana Pasar Modal.

4

Harapan setelah mengikuti acara webinar ini yaitu peserta webinar dapat memahami Pasar Modal Indonesia yang meliputi skema dan jenis Fraud, mekanisme penyidikan terhadap tindak pidana sektor jasa keuangan dan kasus tindak pidana yang terjadi di industri Pasar Modal Indonesia beserta penyelesaiannya. Acara tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman bagi para pemangku kepentingan (stakeholder) dalam menerapkan kebijakan dalam mewujudkan kepastian hukum bagi pelaku pasar modal sehingga pertumbuhan investasi di Indonesia lebih baik. Bagi penegak hukum, khususnya hakim sehingga dalam putusannya dapat memberikan keadilan, kemanfaatan dan kepastian hukum dalam penegakan hukum di Indonesia.

Add comment


Security code
Refresh

Arsip Multimedia

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kediri

Jl. Dr. Sahardjo No. 20 Kota Kediri

Telp: 0354-683819
Fax: 0354-683819

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Google Maps : Buka MAPS

Follow :

instagram facebook youtube video

Copyright © 2019.  Template Mahkamah Agung RI | Edited By IT Pengadilan Agama Kota Kediri