EVALUASI IMPLEMENTASI AKREDITASI PENJAMINAN MUTU ( APM) PENGADILAN AGAMA KOTA KEDIRI
Tepatnya pada hari Jum’at, tanggal 22 November 2019, Pengadilan Agama Kota Kediri kehadiran Tim Assesor Eksternal/Survaillance dari Pengadilan Tinggi Agama Surabaya, yaitu, Bapak Agus Widyo Susanto, S.H.,M.H dan Ibu Diah Anggraeni, S.H.,M.H, kedatangan Tim Assesor tersebut dalam rangka unuk melakukan Evaluasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM).
Dalam kesempatan tersebut para Assesor melihat kondisi Gedung Kantor Pengadilan Agama Kota Kediri yang baru saja pindah, selanjutnya para Assesor Eksternal mengecek Dokumen APM yang berkaitan dengan Lembar kerja Eviden (LKE) Observasi Implementasi APM yang terdiri dari:
- I.Keberlanjutan
- Risk Register.
- Sasaran Mutu.
- Survey kepuasan Masyarakat (SKM).
- Tindak Lanjut Kontrak Kinerja.
- Tindak Lanjut Survey Kepuasan Masayarat.
- Rapat Tinjauan Manajemen (RTM).
- II.Konsisitensi Pelayanan Publik.
- Implementasi 5R dan 3S.
- Implementasi e_Court
- kenyamanan Ruang Pelayanan Publik.
- Pojok e_ Court pada PTSP.
- kecocokan data SIPP pada berkas perkara.
- III.Implementasi 9 Inovasi Unggulan Ditjen Badilag.
- Aplikasi Notifikasi Perkara
- Aplikasi Info Produk.
- Aplikasi Antrian Sidang.
- Aplikasi Basis Data Kemiskinan.
- Aplikasi e_PNBP.
- Aplikasi e_Eksaminasi.
- Aplikasi e_Register.
- Aplikasi e_Keuangan.
- Aplikasi Commad Center Badilag.
- IV.Presentasi Evaluasi Implementasi APM.
- Kelengkapan dan Substansi isi materi.
- Pengausaan Materi oleh Tim Penjaminan Mutu.
Itulah 4 kategori yang di periksa ,oleh Tim Assesor Eksternal/Survaillance, selanjutnya setelah selesai memeriksa dokumen terkait, maka dilanjutkan dengan Closing Meeting, dengan susunan acara sebagai berikut, Menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian Menyanyikan Hymne Mahkamah Agung RI, Do’a, selanjutnya Yel-Yel APM PA Kota Kediri, dan Presentasi Observasi APM Kota Kediri yang disampaikan langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Kota Kediri, Bapak Drs. H.M. Zaenal Arifin, M.H, dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa Pengadilan Agama Kota Kediri sebelum APM danSesudah APM banyak mengalami peningkatan dan perubahan sebagaimana yang ditampilkan dalam Slide presentasinya, kemudian acara dilanjutkan dengan acara tanya tawab antara para pegawai dan Tim Assesor Eksternal, pada kesempatan tersebut Tim Assesor menyampaikan, bahwa yang harus ditingkatkan adalah bagaimana menjaga kebersihan lingkungan Kantor agar tetap terjaga dan nyaman selanjutnya ada beberapa hal yang harus dilengkapi dan diperbaiki oleh Pengadilan Agama Kota Kediri Terkait dengan Observasi APM yang tertuang dalam Kontrak Kinerja.
Dalam Kesempatan Tersebut Ketua APM Pengadilan Agama Kota Kediri Drs. Miswan, S.H, menyampaikan dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh Pengawai PA Kota Kediri yang telah mengorban waktu dan Tenaganya untuk bekerja siang dan malam dalam rangka mensukseskan APM, beliau juga menambahkan semoga kedepan Pengadilan Agama Kota Kediri semakin baik dan dan bisa bersaing dengan Pengadilan Agama yang lainnya.